Baca Koran

​Di sela-sela tegukan kopi hitam pekat, kawanku pernah berkata, “Kita kerja ni anggap aja kayak lagi baca koran. Ada yg sudah baca mulai dari jam 6 pagi. Ada pula yg baru baca dari jam 9. Lalu pas jam 12 siang tiba, apa iya pasti yg baca dari jam 6 pagi pasti lebih paham isi koran dari yg telat baca? Belom tentu boy.. Makanya kau jangan takut di sini tu apa-apa ‘nunggu antrian’. Kalo emang bisa lebih kompeten duluan, kenapa engga”.
Dipikir-pikir ada benernya juga. Bisa aja yang baca dari jam 6 itu terlalu betah di topik yang itu itu aja, ora urus sama topik topik lainnya. Bisa juga emang mulai dari jam 6, tapi jam 8.30 dia ketiduran, otomatis Wassalam.
Atau mungkin yg telat baca punya kemampuan skimming dan photographical memory yg mumpuni. Bisa juga dia mampu mengerahkan anggotanya untuk ngebantu dia memahami isi kora dari masing-masing topik.
Ya meskipun kemungkinan terjadinya kecil sih, apalagi yg baca mulai dari jam 6 merasa sudah duluan otomatis lebih ngerti dan gamau diganggu gugat sama yg telat baca. Hehe.
Satu yang pasti. Gw sangat tidak setuju jika orang yang sudah baca mulai dari pagi, tidak memberikan kesempatan pada orang baru untuk membaca topik yg sudah/sedang dia paham. Apalagi bila orang baru tersebut punya keinginan untuk membaca topik koran lain, tetapi topik-topik tersebut sudah disimpannya dengan rapi di laci terkunci. Ah, itu sudah tidak sehat namanya.
Alangkah baiknya jika yang sudah paham topiknya segera berangkat ke topik yg baru, sembari memberikan pemahaman kepada yg ingin membaca koran tersebut. Pasti akan manis bila semakin banyak yang paham isi koran tersebut. Siapa bisa menolak jika suatu hari ternyata mereka bisa membuat koran baru yang oplahnya lebih besar?
Ciao!

Advertisements

3 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s