Bisikan Si Bapak

Seperti yang diceritakan di sini, gw pernah ada tugas survey merintis jalan setapak di area rawa dan perbukitan. Ini sepotong cerita di hari ke-4 kalo ga salah, gw lupa.

Jadi, waktu itu masih jam 10 pagi, gw jalannya agak tertinggal di belakang dari tim yang udah duluan, kayanya gara-gara gw istirahat kelamaan. Itu posisinya di hutan yang cukup rapat dan bekas tapak kaki gak keliatan jelas. Gw udah kehilangan jejak mereka di depan. Suara ga kedengeran lagi. Gw tereakin juga ga ada balasan. GPS juga ga megang. Pada akhirnya gw seperti muter-muter aja di tempat itu, hampir jatoh beberapa kali di lubang yang cukup besar. Udah stress banget lah waktu itu. Air minum juga udah abis. Akhirnya gw cuman bisa terduduk lemas di bawah pohon. Tiba-tiba ada secercah cahaya matahari, dan dari situ gw baru kepikiran bahwa jalur jalan rintisan mengarah ke timur laut. Jadi yaudah aja gw kira kira dari arah timur via matahari. Setelah 10 menit, yang berasa sejam, gw mulai bisa denger panggilan mereka dari depan. Alhamdulillah ketemu.

Dan, ada 1 bapak pembawa bekal makanan di tim (porter) yang begitu liat gw, langsung salaman dan minta gw duduk nunggu. Tiba-tiba doi ngilang bentar dan bawa air sebotol.

“Nih Mas, diombe, entekno yo” (Nih Mas, diminum, langsung abisin ya)

Ga pikir panjang langsung gw minum. Diselingi sebatang rokok, doi nanyain gw nyasar kemane, dan begitu gw kasih tau posisi gw tadi, langsung doi bersyukur pisan gw bisa cepet balik, karena konon jalan yang tadi gw muter-muter nyasar adalah area beruang madu. Pantesan di beberapa pohon dan tanah ada lubang-lubang. Lama dikit tewas gw sob, ya minimal gw bakal jadi inspirasi film The Revenant kal ya. Untungnya gw bisa nemu jalan balik. Dan menurut doi emang bener apa yang gw lakuin dalem hutan. Kalo nyasar mending ngaso dulu bentar sambil ngumpulin tenaga sambil mikir. Kalo terus-terusan jalan, yang ada malah energi habis, stress, dan bisa nyasar selamanya katanya.

Abis itu kami langsung lanjut jalan lagi, kejar setoran sob. Dan entah apa yang terjadi, gw merasa energi gw pulih banget. Padahal ya ga makan ga apa, tapi jalan jadi enak bet rasanya. Konon katanya air yang gw minum tadi udah di-‘bisik’-in sama si Bapak. Entah bener entah ngga, yang jelas kami berhasil kena target buat jalan hari itu tanpa halangan berarti lagi. Alhamdulillah.

DSCN0310.jpg
Seger abis dikasih Air Bisikan sama Si Bapak

Terima kasih, bantuannya, Pak!!

Leave a Reply

