Kenangan Lebaran

Menyambut suasana Lebaran, monggo disimak dulu lah lagu lawas yang digubah jadi lebih ‘lawas’ lagi sama Deredia.

Gimana? Asik kan? Asik lah. Cocok ye sama suasana Lebaran.

Suasana Lebaran, khususnya lagi di Indonesia, gajauh dari kegiatan saling bermaaf-maafan. Ke keluarga, tetangga, rekan-rekan semua, bahkan orang-orang yang rela mudik itu ya alasan utamanya pasti selain ingin melepas rindu, juga ingin meminta maaf langsung ke orang-orang terkasih.

Kalo ngomongin Lebaran, ada satu hal yang masih gw sesali sampe sekarang. Kisahnya dulu seperti biasa abis maaf-maafan di rumah, kita sekeluarga keliling ke tetangga-tetangga. Namanya di kampung, tetangga-tetangga itu ya kebanyakan sodara-sodara kita sendiri juga. Setelah sekian rumah, sampelah ke rumah bulek di mana nenek gw (dari garis bapak) juga tinggal di situ. Dimulai dari orangtua, kakak-kakak gw pada giliran minta maaf. Terus entah gimana ceritanya, gw nangis kejer, gamau minta maaf sama nenek gw, udah dipaksa berapa kalipun. Diimingin duit atau mainan juga tetep aja nangis gajelas. Akhirnya yaudah gw dibawa pulang dengan tetep belom salaman sama nenek gw.

Berapa bulan setelah itu, nenek gw mulai sakit-sakitan dan gak lama kemudian meninggal sob. Di situ gw merasa sedih bet. Merasa jadi cucu ga berbakti, cuman minta maaf doang gamau. Padahal itu nenek terakhir yang gw punya. Nenek yang sering kasih duit receh buat jajan, dengan sebelomnya minta gw pijitin dulu padahal mah pijitan gw ga ada rasanya hehehe. Nenek yang jalannya udah susah tapi masih sering minta digandeng tangannya buat ke rumah gw cuman karena alasan pengen duduk di kursi empuk (sofa). Asli gw sedih bet kehilangan nenek gw. Apalagi dengan status belom minta maaf pas Lebaran. Masih suka mrebes mili dhewe kalo keingetan pas Lebaran. Semoga beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Minta didoakan ya sob-sob sekalia. Aaamiin.

Jangan ditiru ya sob. Sempatkan meminta maaf ke orang-orang terkasih sob-sob sekalian. Karena menyesal kemudian tiada guna.

Taqabbalallahu wa minna wa minkum. Minal Aidin wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin rekan-rekan sekalian.

P.S: Foto jaman dulu sama nenek gw pas jaman Lebaran.

foto kenangan

Leave a Reply

