Takir Lebaran

Alhamdulillah lebaran kali ini akan saya laksanakan di rumah. Di kampung. Di udik. Yang paling saya rindukan? Sudah pasti suasana takbiran. Di rumah, di masjid, di jalan-jalan. Semua umat Muslim menggemakan suara Takbir. Syahdu bener rasanya sob.

Hal yang paling bikin rindu, dan belum saya dapatkan ketika tidak berlebaran di rumah, adalah kegiatan setelah solatnya sob. Jadi kalo di kampung saya, pagi buta ibu-ibu sekitar udah masak tuh, buat bikin namanya takir/sego berkat (nasi bungkus, biasanya dibungkus pake kertas minyak). Nanti pas berangkat ke masjid/lapangan, dibawa lah semua itu, dibungkusin plastik-plastik gede, dikumpulin di pinggir-pinggir barisan jamaah. Nanti setelah beres solat dan khotbah, baru deh pada ngambilin tuh atu-atu. Kurang lengkap kalo ga ngambil lah. Nanti dimakan di rumah, sebelom keliling maap-maapan. Isinya biasa aja sih sob, paling ya nasi sama sayuran, ada tambahan tempe orek, telor, atau daging ayam. Meskipun di rumah juga udah banyak makanan, sungguh, buat saya takir itu sangat menggugah selera, sebuah kenikmatan HQQ kalo minjem istilah Uni Dian. Ada faktor udah sebulan ga sarapan kali ya hehehe..

Tapi nih ya sob, tapi.. buat saya ada sebuah jackpot dari takir itu di mana yang saya kejar bukanlah yang berisi nasi, melainkan ketan sob. Asli. Itu cuma beras ketan dikukus biasa doang. Paling ditambahin topping (ceileh topping) taburan parutan kelapa. Mungkin karena masih anget, dan jumlah bungkusan ketan ini cuman dikit kalo dibandingin sama yang isi nasi. Ditambah lagi ga ada tulisannya lagi kan plastik mana yang isi nasi dan mana yang isi ketan. Kalo udah ketauan satu orang nemu yang isi ketan, wah langsung diserbu. Apalagi kalo ketan ijo sob. Harum pandannya aduhai pisan. Asli rebutan. Jadi kalo berhasil dapet itu sebungkus ketan ijo, rasanya dapet trophy buat saya. Hahaha.

ketan hijau

ini contoh gambar ketan ijo dengan taburan parutan kelapa

Doakan ya besok saya dapet bungkusan ketan ijonya! Haha..

Adiós!

PS: Buat rekan-rekan yang belum bisa melaksanakan mudik karena satu dan lain hal, semoga tetap berbahagia dan mendapat keberkahan. Doa saya untuk rekan-rekan semua. Aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s